Tuesday 7 July 2015

Lulus Uji Sertifikasi Indonesia, Nokia N1 Besiap Menjadi Primadona Tablet 7,9 inchi

Nokia N1

Ada trend yang menarik bagi kamu penikmat gadget di tanah air. Pasalnya, ketika sebuah smartphone atau tablet baru rilis di India, maka dalam selisih waktu yang tak terlalu lama produk tersebut juga akan segera beredar di Indonesia. Hal ini pertama kali dilakukan oleh Xiaomi dan kali ini hal serupa juga hendak ditiru juga oleh Nokia.

Sebelumnya, Nokia mengatakan bahwa tablet N1 hanya akan dirilis ekslusif di Tiongkok dan target pasar selanjutnya adalah Eropa. Namun dilansir laman GSM Arena, Minggu (5/7/2015), tablet yang awalnya hadir secara eksklusif di China mulai melakukan ekspansi di wilayah Asia lainnya. Setelah resmi dipasarkan di Taiwan pada Mei 2015, kini tablet N1 akan segera dipasarkan di India dan Indonesia.

Menurut salah satu sumber, tablet produksi Foxconn itu telah lulus uji sertifikasi pemerintah Indonesia sejak tanggal 29 Juni 2015 lalu, dan yang mengajukan adalah Futaihua Industrial (Shenzhen) Co., Ltd.; anak perusahaan dari Foxconn. Namun sejauh ini baik pihak Nokia maupun Foxconn belum mengeluarkan pernyataan resmi atas isu yang beredar.

Sertifikasi Nokia N1

Seperti diketahui, Nokia N1 ini telah menjadi salah satu tablet terpopuler di Tiongkok selama tahun 2015. Tablet ini mampu meraih sukses besar di pasar tersebut. Bahkan sebanyak 20.000 unit tablet N1 ludes hanya dalam waktu 4 menit 2 detik. Selain sukses terjual habis dalam hitungan menit dalam tiap sesi flash sale yang digelar, tablet ini juga dinobatkan sebagai tablet Android terbaik di Tiongkok.

N1 sendiri adalah tablet berukuran 7,9 inci yang hanya memiliki dukungan konektifitas Wi-Fi saja, seperti halnya Mi Pad. 

Dengan mengusung sistem operasi Android Lollipop 5.0 yang dipadukan dengan UI Z. Berbekal chipset Intel Atom Z3580 berkecepatan 2,3 GHz, ditandemkan dengan 2GB RAM dan memori internal sebesar 32 GB, sayangnya tablet ini tidak dibekali slot microSD untuk kebutuhan ekspansi data. Dalam hal kelengkapan kebutuhan fotografi, tersedia kamera utama dengan sensor 8 MP yang dilengkapi LED flash, sementara kamera depan berkualitas 5 MP untuk kebutuhan selfie. Untuk menjalankan itu semua, Nokia dan Foxconn telah mempercayakan baterai berkapasitas 5300 mAH. 

Fitur yang cukup menarik adalah tablet ini sudah menggunakan USB tipe C. Ini sekaligus menandai N1 sebagai tablet pertama yang telah bertransformasi ke jenis USB ini. Seluruh tubuh perangkat Nokia teranyar ini akan dilindungi dengan aluminium.

Dengan hadirnya N1 ke Indonesia ini, maka persaingan tablet 7,9 inchi ini akan semakin menarik. Dengan aspek rasio 4:3, tablet ini memiliki kesamaan dengan tablet iPad Mini milik Apple, Galaxy Tab A milik Samsung dan Mi pad dari Xioami. Mana yang akan menjadi primadona di Indonesia?

No comments:

Post a Comment